Sejarah
komputer
Hardware dan soft ware
Disusun oleh
Embun melati widiasih
1201413002
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2013
KATA PENGANTAR
Pertama
kami mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan YME, atas segala kebesaran
dan kelimpahan nikmat yang diberikan-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah teknologi informatika dan komunikasi yang berjudul “sejarah
komputer hardware dan software ” dengan baik.
Kami
menyadari bahwa penulisan makalah ini
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak
yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan penulisan makalah ini.
Akhir
kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta
dalam penyusunan makalah ini dari awal
sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.
Semarang,
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................. 1
KATA PENGANTAR........................................................................................ ..2
DAFTAR ISI.......................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 4
1.1. Latar Belakang Masalah.................................................................................... 4
1.2. Tujuan Penulisan............................................................................................... 4
1.3. Rumusan Masalah............................................................................................. 4
BAB II PEMBAHASAN........................................................................................ 5
2.1. pengertian komputer
.........................................................................................
5
2.2.sejarah komputer
...............................................................................................
6
2.3. pengertian hardware dan
software .................................................................... 7
2.4. komponen hardware dan software
.................................................................... 8
BAB III PENUTUP................................................................................................ 9
3.1.
Kesimpulan....................................................................................................... 9
3.2.
Saran................................................................................................................ 9
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
latar
belakang masalah
Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan
perkembangan yang signifikan. Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika
dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses.
Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar
sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar. Salah satu media informasi
yang dapat kita peroleh yaitu melalui komputer . dari komputer kita bisa
memberikan dan saling berbagi berbagai informasi yang kita butuhkan apalagi
dengan adanya internet informasi jarak jauh atau dekat bukan menjadi sebuah
masalah. Komputer sudah menjadi hal yang penting untuk kelangsungan hidup
manusia ,komputer juga bisa memenuhi sebagian kebutuhan manusia seperti
kebutuhan informasi,profesi,hiburan dll
Dalam komputer juga terdapat software dan hardware yang
merupakan komponen terpenting dalam komputer tanpa nya komputer tidak dapat
dijalankan .
Dan tentunya komputer tidak terlepas dari sejarah ada
nya komputer ,sebagai pengguna komputer setidaknya kita harus tau awal mula ada
nya komputer sampai sekarang terciptanya komputer yang super canggih yang dapat
kita nikmati sekarang.
1.2 tujuan penulisan
adapun tujuan yang diinginkan dari pembuatan makalah
ini ,adalah sebagai berikut :
1.
menjelaskan pengertian
dari komputer
2.
menjelaskan sejarah
awal mula komputer – sekarang
3.
mendeskripsikan
pengertian hardware dan software
4.
menjelaskan komponen
hardware dan software
1.3 rumusan masalah
berikut beberapa masalah yang akan dibahas dalam
makalah ini akan dibatasi dalam rumusan makalah antara lain :
1.
pengertian komputer
2.
sejarah komputer
3.
pengertian hardware dan
software
4.
komponen hardware dan
software
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 pengertian komputer
Istilah Komputer berasal dari bahasa latin computare yang
berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat
bantu dalam hal penghitungan angka - angka sebelum akhirnya menjadi perangkat
multifungsi. Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang
yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam
bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang
menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat
hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para
pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan
artileri perang dengan mesin hitung.Charles Babbage mendesain salah satu mesin
hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin
sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik.Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Komputer adalah suatu elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik.Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Komputer adalah suatu elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
1. Menerima input atau masukan
2. Memproses input tersebut sesuai dengan programnya
3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4. Menyediakan output atau keluaran dalam bentuk infromasi
2.2 sejarah komputer
Sejarah Komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage
menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh
sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang
dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu
melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern. Sayangnya,
berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup
merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa
tidak memerlukan waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu
cemerlang nyaris dilupakan orang.
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak
sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada
5 generasi dalam sejarah komputer.
Generasi pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam
perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi
strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan
komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad
Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain
pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan
komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia
yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman.
Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri
komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer
serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode
rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu
kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang
bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.
Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki
rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled
Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan
sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut
beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan)
dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut
dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical
Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah
Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung
vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan
mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W.
Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose
computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang
hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain
Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan
sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini
memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan
pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan
sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan
melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer
I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC.
Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya
dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden
tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi
operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer
memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama
adalah penggunaantube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan
komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer.
Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama
yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat
menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh
peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk
kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua
LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di
bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi
kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka
juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada
saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan
program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima
secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis
besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di
dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini
meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan
konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian
menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa
pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum
digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan
kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh
manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli
sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang
pada masa komputer generasi kedua ini.
Generasi ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit
dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi
jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping
yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran
komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing
unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya,
IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang,
sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi
seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah
tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel
injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan
komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar
atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer
menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini,
yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah
digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu
adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game
seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk
penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak
dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh
tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju
ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop
computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau
bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer.
Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis
teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk
dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara
baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah
kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan
secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti
lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang
lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk
kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan
perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel
telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Generasi kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini
masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer
fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey.
HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi
kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat
cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan
masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak
fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima
instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk
menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak
sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga
ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada
konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang
terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non
Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain
adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada
hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek
komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)
juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa
proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek
komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia.
2.3 pengertian hardware dan software
Hardware adalah perangkat
keras. Itu terjemahannya, Tapi penjelasan lebih tepatnya sebagai berikut:
Hardware/Perangkat
keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang yang
memiliki fungsi untuk mendukung proses komputerasi. Hardware dapat bekerja
berdasrkan perintah yang telah ditentukan adapadanya, atau yang juga disebut
dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti
oleh harsware tersebut,maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan
yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara
fisik,komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama emmbentuk satu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi,akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras(hardware).
Software/perangkat
lunak adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer
dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi
mesin komputer untuk menyimpan perintah maupun dokumen serta arsip lainnya.
Software merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer
itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang
akan dijalankan oleh perintah. Pengolahan pada software ini melibatkan beberapa
hal diantaranya sistem operasi,program dan data. Software ini mengatur
sedemikian rupa sehingga logika yang dapat dimengerti oleh mesin komputer.
2.4 komponen hardware
dan software
Perangkat
Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.
Perangkat masukan (Input device)
Perangkat
masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar
ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen,
scanner, dan sebagainya.
2.
perangkat keluaran (Output device)
perangkat
keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan,
misalnya monitor dan printer.
3.
Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat
pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit
pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Macam-macam
perangkat keras (hardware):
1.
CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses
data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan
dan penyimpanan data.
2.
Monitor

Merupakan alat yang mampu menampilkan teks
maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
3.
Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data
maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan
tombol fungsi lainnya.
4.
Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan
perintah dalam memproses data atau mengedit data.
5.
Printer
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran
data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
6.
CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu
menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat
ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem
optik.
7.
Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan
plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.
8.
Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk
menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum
digunakan adalah ukuran 3,5 inchi..
9.
Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk
menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini
perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca
data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap
computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan
data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga
dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
11.
USB Flasdisk
Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang
paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya
yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk
telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan
data yang portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk
kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk
External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).
Secara umum perangkat lunak atau software dapat
dibagi menjadi tiga bagian yaitu :
1. Sistem operasi
Merupakan sebuah penghubung antara pengguna
dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi orang
hanya menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan
berkembangnya pengetahuan dan teknologi pada saat ini terdapat berbagai sistem
operasi dengan keunggulan masing-masing.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah
pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sitem komputer dan menyediakan
sekumpulan layanan ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan
serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
Macam-macam sistem oeprasi antara lain :
a. DOS
b. Windows
c. Linux
d. Apple system
e. machintos
2. Bahasa pemrograman
Yaitu program yang digunakan untuk
menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke
dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.
Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang
mudah dimengerti oleh siapapun yang mau belajar,karena bahasa ini dibuat dengan
mengggunakan manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa
dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun
sains.
Contoh dari bahasa tingkat tinggi antara lain :
Basic,dBase,cobol,pascal,C++,visual
basic,visual foxpro,delphi,php,dll
3. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk
membantu pekerjaan nya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install
dalam komputer. Perangkat lunak aplikasi dikelompokan menjadi dua macam :
1. Program aplikasi
program yang langsung dibuat oleh
seorang programmer yang disesuaiakan dengan kebutuhan .
2. Program paket
Program khusus dalam paket-paket tertentu yang dibuat oleh software house
ataupun langsung dibawah sistem operasi.
Contoh macam-macam program aplikasi paket,yaitu :
·
Program pengolah kata :
Word,writterr,wordstar dll
·
Program pengolah angka
Excel,quatro,lotus dll
·
Program presentasi
Power point,magic
point,corel presentation dll
·
Program design grafis
Adobe photoshop,corel
draw,auto cad dll
·
Program browser
Internet
explorer,mozila firefox,opera
·
Program animasi
Macromedia flash,swiss
dll
·
Program multimedia
Windows media
player,winamp,real player dll
BAB IV
PENUTUP
4.1 kesimpulan
Teknologi informasi dan
komunikasi sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita sehari-hari
terutama komputer yang menjadi media sarana prasarana yang memenuhi kebutuhan
sehari-hari. Komputer yang sekarang tentu sudah melalui proses perjalanan yang
panjang dari yang dahulu sampai saat ini.
Asal mula ada nya
komputer sebagai alat yang berhubungan dengan proses perhitungan aritmatika
yang terdiri dari mekanik dan elektronik yang semakin berkembang menjadi
komputer .
komputer tidak terlepas
dari hardware dan software yang merupakan bagian komputer tanpa adanya software
dan harware komputer tidak dapat digunakan,karena hardware dan software
merupakan satu kesatuan dari komputer.
4.2 Saran
Sebagai pengguna
komputer seharusnya kita bisa menggunakan nya secara baik ,tidak
menyalahgunakan kegunaannya secara negatif .karena tujuan penggunaan teknologi
informasi komunikasi untuk mengefektifkan dan mengefisienkan tugas manusia,memperdekat
jarak hubungan manusia di seluruh dunia.
untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di powerpoint tik klik disini
untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di powerpoint tik klik disini
Categories:
0 komentar :
Posting Komentar